FAQs

1. Apakah Essentials oil aman untuk setiap kelompok usia?

Minyak esensial memang terbuat dari bahan alami, tetapi bukan berarti akan selalu aman untuk semua orang. Ada dua hal yang perlu dipertimbangkan yaitu, jenis minyak esensial dan dosisnya. Tidak semua minyak esensial aman untuk segala usia, terutama untuk bayi atau anak kecil. Misalnya, kami tidak menggunakan minyak esensial eucalyptus, peppermint, dan rosemary untuk anak-anak <10 tahun karena mengandung bahan kimia yang disebut cineol 1,8 dan mentol. Bahan kimia ini dikhawatirkan bisa memicu refleks pada anak kecil yang mengakibatkan sesak nafas.

2. Apakah Essentials oil aman digunakan oleh ibu hamil?

Topik mengenai penggunaan minyak esensial selama masa kehamilan memang sedikit kontroversial. Karena belum banyaknya penelitian yang dilakukan pada topik tersebut. Pada kenyataannya, minyak esensial telah digunakan selama lebih dari 25 tahun oleh bidan, doula, perawat, dan juga pada ibu hamil dan tidak menunjukkan adanya bahaya pada ibu ataupun pada bayinya. Jika digunakan dengan benar, minyak esensial sangat aman untuk digunakan selama masa kehamilan dan dapat membantu ibu hamil melalui segala gejala yang timbul pada masa kehamilan.

Ada beberapa aturan dasar ketika ibu hamil maupun ibu menyusui ingin menggunakan minyak esensial, yaitu:

• Sebaiknya pada ibu hamil trimester pertama menghindari penggunaan minyak esensial, terutama jika terdapat tanda-tanda kehamilan yang berisiko tinggi untuk keguguran (karena alasan apa pun)

• Kami merekomendasikan untuk meminimalisir penggunaan minyak esensial pada ibu hamil. Jadi sebaiknya menggunakannya ketika benar-benar dibutuhkan, contohnya dipakai untuk mengatasi masalah akut seperti mual, gangguan pencernaan, kram / kejang kaki, insomnia, batuk / kemacetan, stres / kecemasan, dll

• Ada beberapa minyak esensial yang harus dihindari selama kehamilan, seperti clary sage, basil, wintergreen, oregano, cinammon, clove, rosemary, dalam kasus ibu hamil yang sensitif dapat memicu kontraksi pada janin. Lalu untuk ibu menyusui, sebaiknya mengurangi atau menghindari pemakaian minyak esensial yang terdapat kandungan peppermint dan jasmine di dalamnya, karena dikhawatirkan dapat mengurangi produksi ASI.

3. Apakah semua produk Aromatherapy spray dapat digunakan oleh semua usia?

Kami memberikan info usia minimum pada setiap label produk Aromatherapy spray kami, misalnya produk Cold & Flu baby & kid > 6 m.o (label kuning). Ini berarti, jika digunakan pada bayi usia 6 m.o atau lebih produk tersebut aman digunakan. Namun, untuk bayi yang baru berusia 3 m.o misalkan, tidak disarankan untuk diberikan. Karena organ tubuh bayi usia di bawah 6 m.o belum berkembang sempurna dan lebih sensitif. Lalu apakah produk tersebut efektif jika digunakan oleh orang dewasa? Ya, bisa. Namun perlu menyemprotkan dalam jumlah yang berbeda untuk setiap kali penggunaan. Semprotkan 1-2 semprotan untuk bayi, 1-3 semprotan untuk balita, 2-3 semprotan untuk anak, dan 3-5 untuk dewasa.

4. Apakah Essentials oil dapat diminum?

Pertanyaan ini sering ditanyakan pada kami, jawaban kami adalah kami tidak menyarankan minyak esensial untuk dikonsumsi oral (diminum). Karen minyak esensial setara dengan 10-50 cangkir teh herbal (tergantung ramuannya) atau 20x dosis yang disarankan dari ramuan herbal dari ramuan yang sama, kami tidak menyarankan minyak esensial untuk diminum. Ada banyak jenis minyak esensial yang tidak aman untuk diminum dan ada juga yang harus digunakan dengan sangat hati-hati.

5. Apakah Botanina menerima pembuatan produk khusus sesuai permintaan (Custom product), Berapa biayanya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Ya, kami dapat membuatkan produk khusus seperti penghilang rasa sakit untuk wanita hamil, minyak pijat untuk wanita menyusui, dll. Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu membayar biaya tambahan jika ingin dibuatkan produk khusus. Sedangkan untuk waktu pengerjaan itu bervariasi tergantung pada jadwal produksi; biasanya dibutuhkan waktu 3-6 hari.